Anda disini: HomeEvent & AktivitasBerita & LaporanRegu Rajawali dan Regu Mawar peringkat 4 dan 11 di Lomba Tingkat IV Jateng

Regu Rajawali dan Regu Mawar peringkat 4 dan 11 di Lomba Tingkat IV Jateng

 

Kontingen Kwarcab Klaten yang diwakili pemenang  LT III Kwarcab Klaten 2017 yakni Regu Rajawali (SMP N 1Logo LT IV Jateng Wonosari) dan Regu Mawar (SMP N 2 Klaten) telah berhasil mencapai prestasi optimal pada Lomba Tingkat IV Regu Pramuka Penggalang Kwarda Jateng 2017, yang dilaksanakan pada Minggu s.d. Jumat/ 9 s.d. 14 Juli 2017 di Puskepram "Candra Bhrawa" Kwarda Jateng, Karanggeneng, Gunungpati, Kota Semarang. Yang diikuti 35 regu putra dan 35 regu putri pramuka penggalang daru 35 kwarcab kota/ kab. se Jawa Tengah. 

 

Regu Rajawali berhasil memperoleh 4 medali emas, 4 perak dan 1 peringgu, sehingga  menduduki peringkat ke-4 putra. Sedangkan Regu Mawar memperoleh 2 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu, sehingga memperoleh peringkat ke-11 putri. 

Pioneering LT IV Klaten

Medali emas pada kegiatan pioneeering

Pencapaian prestasi tersebut dinilai optimal di atas target. Mengingat persiapan yang dilakukan mandiri oleh gudep/ sekolah setelah kemenangannya pada LT III Klaten yang lalu, yang sangat mendesak karena masa persiapan bersamaan bulan puasa dan idul fitri. Selain kondisi finansial Kwarcab Klaten yang belum tersedia sehingga harus mengusahakan secara mandiri. Dukungan pelatih dan instruktur dari kwarcab yang terbatas dan hanya pada minggu terakhir. Karena itu perlu mendapatkan acungan jempol atas semangat dan prestasi yang dicapai dan diusahakan oleh regu/ gudep/ sekolah.

Hasil prlaksanaan Lomba Tingkat IV Jateng akhirnya menetapkan regu putra dari Kwarcab Banyumas dan regu putri dari Kwarcab Purworejo meraih prestasi tertinggi dan akan mewakili Jawa Tengah pada Lomba Tingkat V Nasional. Hasil Lomba Tingkat IV  selengkapnya dapat dilihat di sini . 

Lomba Tingkat (LT). merupakan  kegiatan yang berbentuk perlombaan regu penggalang yang  berguna untuk mengevaluasi serta meningkatkan kecakapan dan kemampuan pramuka penggalang. Lomba Tingkat dilaksanakan secara berjenjang mulai dari LT-I (Gudep), LT-II (Kwartir Ranting), LT-III (Kwartir Cabang), LT-IV (Kwartir Daerah) dan LT-V (Kwartir Nasional).

Lomba Tingkat (LT) regu pramuka penggalang, selain sebagai sarana evaluasi pembinaan pramuka penggalang di wilayah Jawa Tengah juga untuk memilih wakil Jawa Tengah yang akan tampil di LT-V Tingkat Nasional yang akan datang. Kegiatan LT IV Jateng 2017 dengan tema Kegiatan "Tangguh, Tanggap, Terampil, Mandiri dan Berprestasi*. Kegiatan dalam LT-IV Kwarda Jateng 2017 didesain dan dikemas dalam suasana yang dinamis. Partisipasi peserta dalam mengikuti setiap kegiatan  menjadi perhatian dan pengamatan dari panitia dan dewan juri. Dalam mengikuti kegiatan, peserta akan bertindak sebagai individu, regu ataupun pasukan dimana akan dibentuk pasukan dengan menggabungkan 5 regu dari berbagai kwarcab dengan cara diundi.

Jenis Kegiatan antara lain : Pendirian Tenda & Penataan Tapak Kemah. Upacara Pembukaan/Penutupan (Wajib). Langkah Pramuka. Pentas Seni Budaya. Hasta Karya. Essay Bela Negara. Debat Kenegaraan, Pidato Bela Negara, Senam Pramuka, Penjelajahan dengan materi : Sandi, Semaphore & Morse, PP- penanganan korban, dragbar & evakuasi, Peta Panorama, Peta Pita, KIM, Peta Perjalanan. Apel Pagi & Sore, Pioneering, Halang Rintang, Mountaineering, LKBB Bertongkat, Forum Penggalang, Story Telling, Roket Air, Memasak Menu Siang, Peta Lapangan, Manajemen Perbekalan, Survival (Bivak, Masak Rimba, Botani Zoologi Praktis, Menaksir (Tinggi, Jarak/Lebar, Berat), Kuis Ranking 1, Api Unggun.

Komentar

Pengunjung Online

Kami memiliki 8 tamu dan tidak ada anggota online

Visitor sejak 14-08-2012

free counters