Anda disini: HomeEvent & AktivitasBerita & LaporanKwarcab Klaten Selenggarakan Kursus Pengelolaan Kwartir Ranting

Kwarcab Klaten Selenggarakan Kursus Pengelolaan Kwartir Ranting

Wakil Ketua Kwartir Cabang Klaten Bidang Binamuda Kak Sumariyata, S.Pd.,M.M didampingi Kepala Pusdiklatcab Pramuka Klaten Kak Drs. Agus Widodo,M.Pd pada Selasa/ 21 Nopember 2017, mewakili Ketua Kwarcab Klaten membuka pelatihan Kursus Pengelolaan Kwartir Ranting se Kwarcab Pramuka Klaten. Pelatihan tersebut diikuti 50 orang andalan/ pengurus dari 25 kwarran, setiap kwarran 2 peserta. Kecuali Kwarran Pedan yang tidak mengirimkan peserta.

 

Dijelaskan oleh pemimpin kursus bahwaKursus pengelolaan kwartir atau kursus manajemen kwartir adalah pelatihan untuk mempersiapkan pengelola kwartir yang profesional. Pengelola kwartir adalah staf atau karyawan kwartir. Pada kondisi sekarang kwartir ranting tidak/ belum memiliki staf/ karyawan yang digaji. Maka pada penyelenggaraan kursus ini diikuti oleh pengurus kwartir ranting.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa kursus ini diselenggarakan dilatarbelakangi oleh Pembinaan personal dan pembinaan anggota dewasa harus terus menerus Diundangkannya UU No 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka,  perubahan ADART dan  petunjuk penyelenggaraa dari Kwarnas dan kepramukaan sebagai  ektra kurikuler wajib di sekolah menuntut penyesuaian dan kesiapan kwartir. Pada era digital sekarang penyajian data dan informasi serba online dan selalu update. Registrasi dan penomoran gudep yang tidak tertib dan seragam.dan Tertib organisasi kwartir ranting dalam rangka menyiapkan lomba kwartir ranting tergiat mulai 2018 .

Pelatihan ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman dalam melaksanaan fungsi pengelolaan kwartir ranting, meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan.Sasatan jangka pendek, setelah selesainya kursus diharapkan peserta kursus :Memahami organisasi dan tata kerja kwartir ranting Gerakan Pramukamampu melaksanakan pengelolaan tata laksana kwartir ranting sesuai dengan pedoman Sismintir yang berlaku; Mampu melaksanakan, menghimpun, menyusun dan menyajikan serta melaporkan pendataan potensi gugusdepan dan kwartir ranting; Mampu melaksanakan registrasi dan penomoran gugusdepan dan melaksanakan penetapan, pengukuhan dan pelantikan pengurus gugusdepan.

Materi pelatihan meliputi kepramukaan terdiri dari UU No 12 Tn 2010, AD ART, PDK dan MK. manajemen organisasi dan tata kerja kwarran, sistem perencanaan pemrograman dan penganggaran, Sistem Administrasi Kwartir (Sismintir) dan pendataan potensi.

Setelah  latihan peserta kursus akan melaksanakan tugas untuk melaksanakan registrasi gugusdepan dan pendataan potensi keanggotaan di gudep dan kwarran. Selain hal tersebut bahwa mulai 1 Januari 2018 ditetapkan penggunaan no kode kwarran se Kab Klaten yang menyesuaikan dengan urutan kode dari Badan Pusat Statistik, yang berdampak pula pada kode nomor gugusdepan.

 

 

Komentar

Pengunjung Online

Kami memiliki 3 tamu dan tidak ada anggota online

Visitor sejak 14-08-2012

free counters