Anda disini: HomeEvent & Aktivitas

Event & Aktivitas

Info Penyelenggaraan Jambore Cabang Penggalang SD/ MI 2013

Kwarcab Pramuka Klaten akan menyelenggarakan Jambore Penggalang SD MI Kwarcab Klaten Tahun 2013, pelaksanaannya pada Sabtu s.d. Senin. 28 s.d. 30 Desember 2013, di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro Klaten. Kegiatan ini kan diikuti sekitar 500 pramuka penggalang dari gudep yang berbasis di SD/ MI se kabupaten Klaten.

Selengkapnya: Info Penyelenggaraan Jambore Cabang Penggalang SD/ MI 2013

Kepurun Tempat Bersejarah

MBKD KepurunDesa Kepurun, Kecamatan Manisrenggo yang merupakan desa dimana Bumi Perkemahan Pramuka Kepurun Klaten berada merupakan desa yang memiliki latar belakang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia baik di masa penjajahan maupun di masa mempertahankan kemerdekaan RI.  Desa Kepurun yang terletak di kaki Gunung Merapi ini merupakan desa yang subur dengan sumber air yang bagus. Dengan masyarakatnya yang maju dan senantiasa menjunjung nilai perjuangan dan persatuan bangsa. Dari latar belakan sejarah perjuangan bangsa, kondisi lingkungan alam,  dan sosial kemasyarakatan ini maka dipilihlah Kepurun sebagai lokasi Bumi Perkemahan Pramuka.  

Selengkapnya: Kepurun Tempat Bersejarah

Daftar Nama Ka Kwarcab, Masa Bakti dan Pelaksanaan Muscab dari Masa ke Masa

Nama - Nama yang Pernah Menjabat Ketua Kwarcab Pramuka Klaten sesuai Masa Bakti Kepengurusan : 

Sejarah Pembangunan Sanggar Bhakti Nasional Klaten dan Nama Jl. Pramuka

Lokasi & Status Tanah Sanggar Bakti Pramuka Klaten :

  1. Terletak di Jl. Pramuka No. 33 Klaten Kode Pos 57411, RT 02 RW 02 Kalurahan Klaten, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten.
  2. Luas tanah 2.182 m2
  3. Luas bangunan + 378 m2. Selengkapnya: Sejarah Pembangunan Sanggar Bhakti Nasional Klaten dan Nama Jl. Pramuka

Sejarah Asal Mula Nama Klaten

Logo Kab. KlatenAda dua versi yang menyebut tentang asal muasal nama Klaten. Versi pertama mengatakan bahwa Klaten berasal dari kata kelati atau buah bibir. Kata kelati ini kemudian mengalami disimilasi menjadi Klaten. Klaten sejak dulu merupakan daerah yang terkenal karena kesuburannya.  Versi kedua menyebutkan Klaten berasal dari kata Melati. Kata Melati kemudian berubah menjadi Mlati. Berubah lagi jadi kata Klati, sehingga memudahkan ucapan kata Klati berubah menjadi kata Klaten. Versi ke dua ini atas dasar kata-kata orangtua sebagaimana dikutip dalam buku Klaten dari Masa ke Masa yang diterbitkan Bagian Ortakala Setda Kab. Dati II Klaten Tahun 1992/1993.

Selengkapnya: Sejarah Asal Mula Nama Klaten

Sejarah Pembangunan Buper Kepurun

LATAR BELAKANG :

  • Bumi Perkemahan merupakan sarana penting untuk usaha peningkatan mutu pembinaan bagi peserta didik dan pelatihan bagi anggota Pramuka dewasa. Penyelenggaraan kegiatan besar bagi S G T D dan Diklat/ Kursus bagi Pembina dan Pelatih mutlak memerlukan Buper ini.
  • Keinginan tersebut sebenarnya sudah cukup lama terpendam. Tetapi sejak dukungan semangat dari Ka Mabicab Kak Suhardjono dan beberapa hal lain mendorong segera diwujudkan impian Kwarcab Klaten memiliki Bumi Perkemahan. Selengkapnya: Sejarah Pembangunan Buper Kepurun

Saka Kalpataru Cabang Klaten Selenggarakan TOT bagi Calon Pamong Saka

Pimpinan Saka Kalpataru Cabang Klaten setelah beberapa tahun terakhir menyelenggarakan pelatihan kecakapan krida Saka Kaplpataru bagi pramuka penegak, untuk tahun 2017 ini melaksanakan pelatihan yang diikutii 50 pembina penegak dan pelatih pembina.Training of Trainer Krida Saka Kalpataru Kwarcab Klaten 2017 ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan pamong saka dan instruktur saka Kalpataru untuk merintis dan mengembangkan Saka Kalpataru di seluruh wilayah Kabuoaten Klaten.

Selengkapnya: Saka Kalpataru Cabang Klaten Selenggarakan TOT bagi Calon Pamong Saka

Pengunjung Online

Kami memiliki 65 tamu dan tidak ada anggota online

Visitor sejak 14-08-2012

free counters